Inspirasi

Dapatkah Lari Menyembuhkan Kanker?

oleh di May 5, 2018

Kita mampu karena kita bisa mengalahkannya!

Ketika Anda menghadiri seminar yang membahas tentang kanker, hampir semua peserta terlihat mimik serius dalam perubahan fisiologis dan emosionalnya. Kanker memengaruhi begiru banyak orang pada jaman sekarang di seluruh dunia. Termasuk menemukan seorang pelari yang benar-benar bersih dari penyakit ini seperti mencari jarum di dalam jerami.

Jika Anda telah melakukan banyak penelitian yang mendalam terhadapa penyakit kanker serta akibat yang ditanggung oleh penderita, bahwa mungkin Anda merupakan salah seorang yang percaya jika diagnosa kanker itu kebanyakan karena memiliki keturunan gen yang buruk.

Faktanya, penelitian membuktikan bahwa penyebab kanker terbagi antara genetika, lingkungan dan gaya hidup, jadi keberuntungan atau genetika tidak 100 persen disalahkan.

Menemukan jawaban untuk penyebab kanker tetap menjadi prioritas bagi para ilmuwan di seluruh dunia. Dan yang sementara ini sedang hangat diperdebatkan, satu hal yang dapat Anda pastikan: Hanya karena saat ini tidak ada obat untuk kanker, itu bukan berarti Anda tidak dapat melawannya!

Apa Itu Kanker?

Dok. 123RF

Jika Anda ingat belajar tentang DNA heliks di sekolah, Anda tahu bahwa DNA menyediakan blok bangunan tubuh, serangkaian gen dan alel yang menentukan bagaimana kita melihat, berperilaku, dan bertindak. Jika tubuh diserang oleh faktor eksternal, sel-sel bereaksi secara dramatis dengan mengubah dan mereplikasi dengan cara yang tidak normal.

Mereka tidak lagi berfungsi sebagaimana seharusnya. Sebaliknya, sistem kekebalan tubuh ditekan dan setiap ancaman bakteri atau virus oportunistik mendorong replikasi sel kanker yang sehat.

Ada terlalu banyak pemicu perubahan DNA yang harus disebutkan di sini, tetapi para ilmuwan yakin bahwa sinar UV, pilihan gaya hidup yang buruk, tembakau dan polusi udara semuanya bertindak sebagai katalis, mengubah DNA yang baik menjadi sel-sel berperilaku buruk yang menyerang bagian tubuh yang rentan.

Sementara banyak yang percaya bahwa kanker “menyerang” dalam waktu singkat, sebenarnya kerusakan sel DNA dapat terjadi jauh sebelum kanker muncul. Akhirnya, susunan genetik adalah alasan yang paling tidak mungkin untuk kanker, tetapi dikombinasikan dengan pilihan gaya hidup yang buruk dan faktor lingkungan, risiko seseorang untuk mendapatkan kanker meningkat secara eksponensial.

Apakah Garis Keturunan Menjadi Takdir Anda?

Lihatlah kedua sisi keluarga Anda. Jika nenek moyang menderita kanker payudara, ovarium, prostat, atau jenis kanker lainnya yang tampaknya berulang generasi dari generasi ke generasi, jadi mengetahui sejarah genetik Anda sangat penting jika Anda khawatir apakah Anda berisiko.

Tes untuk menemukan gen yang dapat memicu kanker dalam tubuh sudah tersedia untuk jenis kanker tertentu sehingga seseorang dapat mengambil langkah-langkah profilaksis untuk mengurangi kemungkinan mereka membawa kutukan keluarga.

Catatan khusus adalah tes yang dapat dilakukan oleh perempuan untuk mendeteksi kecenderungan untuk beberapa jenis kanker sehingga mereka dapat dengan mudah mengangkat banyak ancaman. Contoh yang sangat dipublikasikan atau situasi semacam itu adalah kisah Angelina Jolie.

Aktris dan pendukung hak asasi manusia ini, memiliki ibu dan neneknya cukup muda ketika mereka menyerah pada kanker ginekologi, belajar melalui tes bahwa risiko dia mengikuti jejak kedua wanita sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, ia memilih operasi yang radikal untuk meningkatkan peluang kelangsungan hidup jangka panjangnya.

Bisakah Anda Mencegah Kanker dengan Berlari?

Dok. 123RF

Dengan cara berbicara, Anda sudah membantu tubuh Anda melawan kanker setiap kali Anda memakai sepatu lari dan mendorong diri Anda untuk melakukannya. Selama berlari Anda mengurangi stres, mengoksigenasi darah Anda, secara terapeutik memengaruhi sistem tulang Anda, melawan racun, menguatkan otot Anda dan memmengaruhi setiap sel dalam tubuh Anda sebagai akibat aktif.

Dengan memperhatikan gaya hidup Anda -apa yang Anda makan, seberapa banyak Anda tidur, mengatasi stres dengan benar dan mempraktikkan moderasi- Anda mengambil setiap langkah yang disarankan oleh otoritas kanker.

Lebih dari 4 dari 10 diagnosa kanker dapat ditelusuri terhadap kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, obesitas, alkohol, diet yang buruk, gaya hidup menetap dan mengabaikan infeksi. Seberapa banyak tindakan pencegahan ini dapat mengurangi kemungkinan kanker Anda?

Dalam studi UK tahun 2008, orang-orang yang membuat pilihan gaya hidup sehat dengan melakukan makan sehat dan aktivitas fisik hidup 14 tahun lebih lama daripada mereka yang tidak merawat diri sendiri, tidak peduli apa gen mereka diramalkan.

Orang Singapura di Risiko yang Lebih Besar?

Secara umum, dokter menemukan bahwa payudara, paru-paru, kolorektal, hati, perut, pankreas, sistem reproduksi pria dan wanita, ginjal dan leukemia (kanker yang ditularkan melalui darah) adalah jenis kanker yang paling umum didiagnosis oleh dokter di antara pria dan wanita Singapura antara 2010 dan 2014, menurut situs web The National Cancer Centre Singapore.

NCCS menawarkan saran, bantuan, dan sistem pelacakan unik yang mengumpulkan statistik kanker berdasarkan asal etnis, sehingga pelari Singapura dapat mempelajari lebih lanjut tentang faktor risiko spesifik berdasarkan warisan mereka hanya dengan mengunjungi di sini.

Dapatkah jenis kanker yang paling berisiko ditentukan oleh warisan Cina, Melayu, atau India Anda? Itu bisa, karena garis keturunan, pola makan dan pola gaya hidup berbeda di antara kelompok-kelompok ini. Dengan mengetahui jenis kanker apa yang paling berisiko bagi Anda, Anda dapat mencari perawatan medis lebih awal, sehingga meningkatkan peluang Anda untuk deteksi dan pengobatan dini.

Benarkah kanker bisa hilang?

Dok.123RF

Artikel dalam publikasi seperti "Kesehatan Pria" tidak membuat klaim obat, tetapi mereka menyatakan bahwa "olahraga dapat membantu Anda mencegah kanker." Penelitian Dr. Mercola menyimpulkan bahwa, "olahraga teratur mengurangi risiko pengembangan kanker hati".

Perhatikan tidak adanya kata "obat" dalam setiap pernyataan. Jika Anda mengalami klaim yang berjalan untuk menyembuhkan kanker, carilah penelitian ilmiah oleh institusi terkemuka untuk mendukung klaim tersebut, karena janji-janji yang manis tentang obat kanker itu berbahaya, menyesatkan, dan tidak akurat.

Intinya adalah bahwa para ahli di bidang ini menyulap semantik. Karena tidak ada yang dapat membangun hubungan langsung yang secara samar-samar menyatakan bahwa berlari menyembuhkan kanker, untuk saat ini, orang terdekat yang dapat mencapai deklarasi itu adalah bahwa menjalankan dampak tubuh dengan cara-cara yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat sehingga sel-sel tidak dapat bermutasi.

Haruskah Anda Berlari Jika Anda Mengalami Kanker?

Menurut National Comprehensive Cancer Network, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri saat Anda pulih dari perawatan kanker adalah dengan menjalankan olahraga yang sehat.

Berlari dapat membantu mengurangi kelelahan yang biasa terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang tertekan berjuang untuk kembali normal dan juga dapat membantu dengan perawatan yang Anda terima (misalnya, Kemoterapi dan radiasi) yang diketahui menyebabkan pasien lelah. Tapi, itu tidak berarti Anda harus menantang diri Anda sendiri untuk mengikuti marathon di awal pemulihan Anda!

Berlari dengan rutin dengan meningkatkan waktu dan jarak secara perlahan adalah cara terbaik untuk menggunakannya sebagai alat pemulihan karena berjalan teratur mempengaruhi suasana hati Anda, fleksibilitas, kekuatan otot dan sendi, oksigenat darah Anda dan suplemen rencana pemulihan Anda.

Berlari juga mampu membantu mengontrol kenaikan berat badan. Seringkali efek samping obat anti kanker, yang membantu mengimbangi lymphedema, suatu kondisi yang menyebabkan lengan membengkak sebagai akibat dari kelenjar getah bening yang diangkat secara operasi. Ahli onkologi menyarankan pasien untuk perlahan-lahan membangun hingga 30 menit aktivitas, lima hari seminggu. Jika Anda dapat menemukan teman yang sedang berlari yang juga sedang dalam tahap pemulihan, Yeay Anda akan mendapatkan jackpot!

Tetaplah berlari...

Dok.123RF

Tetap mengetahui informasi terbaru tentang kemajuan penyembuhan kanker adalah hadiah yang Anda berikan pada diri sendiri - terutama jika Anda memiliki faktor genetik yang tergali yang dapat menempatkan Anda pada risiko untuk jenis kanker yang diprofilkan dalam artikel ini.

Mengetahui bahwa setiap kali Anda berlari, Anda mendorong kanker secara metaforis dan fisik membuat Anda tetap fokus pada kesehatan yang baik, dan ini saja dapat memberi Anda dorongan yang Anda butuhkan untuk bangkit dan keluar di lain waktu ketika Anda berpikir, “Saya tidak mood untuk lari sekarang. "

Jika otak Anda tidak dapat mengeluarkan Anda dari sofa itu, mungkin Anda harus membuat sedikit tanda di komputer Anda dan mempostingnya di tempat yang mencolok, jadi setiap kali Anda berpikir Anda terlalu lelah, tidak dalam suasana hati atau cuaca tidak cocok untuk joging Anda, Anda dipastikan membaca: "Setiap kali saya berlari, saya bertarung melawan kanker!"

Saat Anda melakukannya, buat tanda-tanda tambahan untuk orang-orang terkasih yang juga berharap dan berdoa untuk segera melihat obat untuk kanker juga.

 

 

Pernahkah Anda tergoda untuk menganalisis atau memikirkan tentang tes diagnostik kanker yang bisa mengungkap predisposisi Anda untuk penyakit ini? 

Berangkat dari kecintaan terhadap alam membuat saya mencoba untuk mengawali berlari dengan trail run, karena alam banyak mengajari saya tentang kehidupan yang spektakuler ini. Jika dengan berlari mampu memperbanyak ilmu pengetahuan, lalu mengapa saya harus berdiam diri di depan televisi saja?!

Lokasi
Indonesia
Jumlah Pos
33
Bergabunglah Dengan Diskusi