Kalkulator BMI Untuk Orang Indonesia dan Asia

Your BMI is

Apakah arti BMI (Body Mass Index)?

BMI (body mass index) atau Indeks Massa Tubuh adalah indeks yang paling mudah dan paling sering digunakan untuk menggolongkan tingkat kegemukan dan obesitas. Cara menghitungnya adalah dengan membagi berat badan seseorang dalam kilogram dengan kuadrat dari tinggi badannya dalam meter (kg/m2).

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia WHO (World Health Organization), definisi kegemukan adalah ketika BMI ≥ 25. Sedangkan definisi obesitas adalah ketika BMI ≥ 30. Akan tetapi, dikarenakan pada umumnya, orang Indonesia dan Asia memiliki kadar lemak yang lebih tinggi daripada orang Barat, penggolongan batas BMI untuk orang Indonesia dan Asia telah diubah sebagai berikut. Masyarakat dengan BMI di atas 23 kg/m2 memiliki resiko menengah, dan BMI di atas 27.5 kg/m2 memiliki resiko tinggi terhadap diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Kategori BMI (WHO):

  • Kurus: BMI = <18.5
  • Normal: BMI = 18.5–24.9
  • Gemuk: BMI = 25–29.9
  • Obesitas: BMI ≥ 30

Kategori BMI (Indonesia dan Asia):

BMI (kg/m2) Untuk Dewasa Resiko Kesehatan
27.5 and di atasnya Resiko Tinggi: Berat badan Anda berada jauh diatas sehat. Resiko terhadap penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2 akan meningkat, dan kualitas hidup Anda secara keseluruhan akan menurun. Berdiskusilah dengan ahli kesehatan tentang berat badan ideal Anda dan bagaimana cara mengubah polah hidup untuk menjadi lebih sehat.
23 – 27.4 Resiko Menengah: Resiko Anda untuk mengidap penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit kronis lain adalah tinggi. Berdiskusilah dengan ahli kesehatan tentang berat badan ideal Anda dan bagaimana cara mengubah polah hidup untuk menjadi lebih sehat.
18.5 – 22.9 Resiko rendah: Teruskan olahraga dan pola makan yang sehat.
Di bawah 18.5 Memiliki resiko mengidap penyakit kekurangan nutrisi dan osteoporosis.

*Nilai BMI tidak berlaku untuk atlet yang memiliki otot dengan massa besar, orang tua, wanita hamil dan anak-anak.

Lingkaran Pinggang yang Optimal untuk Orang Indonesia dan Asia

Terkadang, walaupun BMI Anda berada di golongan sehat, tingkat lemak yang terlalu tinggi di sekitar perut (bentuk badan seperti apel) tetap akan meningkatkan resiko Anda terhadap penyakit jantung dan diabetes. Di bawah ini adalah target ukuran lingkaran pinggang.

Pria Wanita
Sama dengan atau kurang dari 90cm (35.5 inci) Sama dengan atau kurang dari 80cm (31.5 inci)