Kesehatan

Ini Manfaat Lari Di Alam Terbuka

oleh di Apr 23, 2018

Seringkali dengan alasan waktu dan kemudahan fasilitas, Anda memilih untuk berolahraga di dalam ruangan. Padahal, olahraga yang dilakukan di luar ruangan mengandung banyak nilai positif.

Mengukur Potensi Diri

Setiap Anda berlari di alam terbuka, biasanya memiliki kekhasan tersendiri pada masing-masing lokasinya. Contohnya, fokus pada upaya menaklukan rasa takut dalam diri sendiri, dan bagaimana kita bisa menghadapai sekaligus menikmati tantangan alam yang berbeda dengan berlari di jalanan biasa. Karena fenomena alam tidak dapat dikendalikan, kesiapan mental serta keterampilan diri memiliki pengaruh sangat besar dalam aktivitas berlari.

Memperoleh Vitamin D

Aktivitas fisik di luar ruangan terbuka juga dapat membantu tubuh Anda menambah pasokan vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari. Namun, yang perlu Anda ingat, jangan terpapar radiasi ultraviolet secara berlebihan, karena hal ini dapat menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak. Ketika matahari berada di bawah horizon atau langit bagian bawah yang berbatasan dengan permukaan bumi atau laut, seperti di awal pagi atau waktu sore menjelang malam sinar matahari yang dipancarkan hanya UVA, dan sangat sedikit sinar UVB. Hal ini yang menjadi alasan mengapa berjemur atau terpapar matahari di awal pagi atau sore menjelang malam sangat tidak dianjurkan. Anda bisa mendapatkan manfaat sinar matahari mulai dari jam 10 pagi hingga jam 3 sore.

Mendapat Energi Tambahan

Sebuah studi di University of Rochester tahun 2009 yang dilaporkan The Telegraph, menemukan bahwa hanya 20 menit diluar ruangan dapat merasa seperti kita meminum secangkir kopi. “Seringkali ketika merasa tenaga terkuras habis, lalu kita meminum secangkir kopi. Namun, dengan beraktivitas fisik di luar ruang merupakan cara yang leih baik untuk mendapat tambahan energy,” ujar psikolog, Richard M Ryan., Ph.D.

Lebih Hemat dan Bahagia

Dengan berolahraga di luar ruang, tentunya Anda menjadi lebih hemat energi. Dengan memanfaatkan alam sebagai lahan aktivitas Anda, semakin sedikit Anda memergunakan alat elektronik yang mendukung aktivitas lari Anda. Contohnya, Treadmill , pendingin ruangan atau lampu sebagai penujang penerangan di ruangan tersebut, dan lain sebagainya. Alam memberikannya semua itu secara cuma-cuma, tanpa harus merogoh kocek yang begitu banyak. Dan Anda dapat mengalokasikan dana tersebut untuk liburan bukan?

Sebuah studi yang dilaporkan The Telegraph menyatakan bahwa menghabiskan waktu di ruang terbuka membuat 50% orang lebih bahagia daripada orang yang melakukan aktivitas di sarana kebugaran dengan ruang tertutup. BBC pun melansir, bahwa 5 menit latihan di ruang hijau terbuka dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik serta dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Latihan Menjadi Lebih Rutin

Sibuknya bekerja terkadang membuat Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Survei tahun 2011 menyatakan bahwa mereka yang melakukan latihan fisik atau olahraga di luar ruang lebih mampu bersikap konsisten untuk rutin berolahraga daripada mereka yang melakukannya di pusat kebugaran.

Saat Anda memutuskan untuk meninggalkan pesawat televisi, laptop dan telepon pintar Anda demi berlari di luar ruang, Anda akan terkejut ketika mengetahui ini merupakan cara yang bermanfaat dan efektif untuk membunuh waktu. Berlari di luar ruang juga tidak terbatas di satu tempat selalu. Anda dapat melakukannya dimana saja yang menurut Anda layak untuk dijadikan trek berlari. Anda bebas menentukan arahnya kemana saja, sejauh apapun selama Anda mampu menuntaskannya.

Jauh Lebih Sehat

Stacy Berman, pemilik dan pelatih di pusat kebugaran Stacy’s Bootcamp mengungkapkan, “Berbagai medan di luar ruang mungkin lebih paham akan kebutuhan tubuh Anda, yaitu dengan memberikan tantangan berupa tempat beraktivitas yang lebih kompleks dan bervariasi dibanding aktivitas fisik di pusat kebugaran.” Hal tersebut mampu mempercepat pembakaran kalori sekitar 5-7 persen dibanding dengan ber-treadmill.

Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa pusat kebugaran tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri. MRSA salah satunya, ini merupakan kuman “staph” yang tidak terpengaruh dengan jenis antibiotik yang biasanya menyembuhkan staph. MRSA dapat menembus jauh ke dalam tubuh, menyebabkan penyakit menular seperti tulang, sendi, darah, katup jantung, dan infeksi paru-paru. Ini juga salah satu bakteri yang paling berbahaya yang dapat Anda temukan di setiap fasilitas pusat kebugaran. Anda dapat menghidarinya dengan penggunaan sarung tangan atau kaus kaki pada setiap latihan. Dan juga mencuci dengan bersih pada setiap bagian tubuh yang terinduksi langsung dengan alat-alatnya.

 

Jika Anda memiliki tips berlari  lainnya, mari berbagi dengan kami!

Berangkat dari kecintaan terhadap alam membuat saya mencoba untuk mengawali berlari dengan trail run, karena alam banyak mengajari saya tentang kehidupan yang spektakuler ini. Jika dengan berlari mampu memperbanyak ilmu pengetahuan, lalu mengapa saya harus berdiam diri di depan televisi saja?!

Lokasi
Indonesia
Jumlah Pos
33
Bergabunglah Dengan Diskusi