Kesehatan

Menangani Kaki Rata Pada Pelari

oleh di Mar 17, 2018

Diperkirakan 20-30% populasi manusia memiliki kaki rata atau kaki datar. Mereka masih mampu melakukan dan menikmati berlari, namun ada beberapa hal yang harus diketahui.

Berlari merupakan aktivitas yang membutuhkan gerakan yang mengerahkan seluruh otot kaki Anda. Jika salah satu dari Anda memiliki kaki yang rata, mungkin Anda akan sedikit merasa nyeri ketika berlari -sehingga bertanya-tanya apa penyebabnya dan mengapa hal ini terlihat berbeda dengan orang lain.

Apa Itu Kaki Rata?

Kebanyakan orang memiliki celah di bawah lengkungan kaki mereka saat mereka berdiri. Lengkungan bagian dalam kaki ini sedikit terangkat dari tanah. Beda dengan orang-orang yang punya kaki rata. Telapak kaki yang datar sama sekali tidak memiliki lengkungan, atau jikapun ada, sangatlah rendah hampir menyentuh tanah. Perataan lengkungan ini menyebabkan sejumlah masalah pada tubuh Anda, seperti nyeri tumit, bunion, nyeri pergelangan kaki, nyeri lutut dan nyeri punggung bagian bawah.

Jenis Flat Feet?

Ada 2 kategori Flat feet: Fleksibel Flat Feet dan Rigid Flat Feet.

Seseorang memiliki Fleksibel Flat Feet dapat dilihat dari lengkungan kaki saat diangkat dari tanah (tanpa beban). Permukaan kaki rata akan terlihat jika beban menimpa bagian di atas punggung kaki. Sedangkan Rigid Flat Feet adalah salah satu tempat kaki rata akibat struktur tulang dan bukan dikarenakan lengkungan otot. Mayoritas orang memiliki kaki datar jenis Fleksibel.

Mengapa Saya Merasa Sakit?

Masalah yang biasanya timbul dari kaki datar sebenarnya bukan karena kakinya itu sendiri, tapi dari overpronasi. Pronasi adalah gerakan normal di kaki pada akhir setiap langkah yang kita lakukan untuk menyerap benturan pada kaki setiap kali menyentuh tanah. Overpronasi terjadi ketika pergelangan kaki berputar ke dalam terlalu jauh, melewati titik yang diperlukan untuk penyerapan kejutan. Kondisi ini ditandai dengan kedua kaki yang menunjuk ke luar saat berdiri.

Overpronation menyebabkan sendi pergelangan kaki terpaksa memanjang, sehingga menyebabkan tulang kaki bagian bawah, dan tulang kaki bagian atas berputar ke dalam. Hal ini menyebabkan stres berlebihan dan dapat menyebabkan nyeri pada pergelangan kaki, otot kaki bagian bawah, sendi lutut, dan pinggul. Pelari yang mengalami overpronation mungkin lebih rentan terhadap cedera tulang kering (shin splints), masalah punggung, dan tendonitis di lutut.

Bagaimana cara merawat kaki datar saya?

Memiliki kaki yang rata adalah kondisi medis yang sebagian besar berasal dari gen seseorang, namun umumnya tidak diobati secara medis. Faktanya, seorang Podiatrists (certified foot specialists) di Singapura menyarankan beberapa pasien untuk beristirahat dan menghindari aktivitas fisik yang membuat kaki atau kaki terasa lebih buruk sampai gejalanya membaik.

Mengenakan sol sepatu tambahan atau ankle brace dapat membantu penderita kaki rata akibat tendinitis tibialis posterior, bisa dipadukan dengan obat pereda nyeri, sampai peradangannya berkurang.

Apakah Ada Sepatu Untuk Si Kaki Rata?

Bila seseorang dengan Flat Feet sedang mencari sepatu lari, yang tepenting adalah mencari sepatu yang mengurangi overpronasi. Sepatu yang dirancang bertujuan agar dapat mengontrol stabilitas dan gerak.

Prinsip dasar desain dari sepatu ini mengedepankan kestabilan dan kontrol gerak, yang dimana produsen akan menyisipkan midsole yang kuat yang mencegah pronasi berlebihan. Merek yang berbeda menggunakan teknologi yang berbeda pula dalam penamaannya, namun pada dasarnya, produsen memiliki prinsip umum yang sama.

Jika kaki rata menyebabkan rasa sakit, sepatu berukuran pas yang mendukung bentuk kaki bisa meringankan tekanan dari lengkungan dan mengurangi rasa sakitnya.

3 Hal yang Perlu Diperhatikan ketika Memilih Sepatu Lari

Ini adalah beberapa petunjuk lain yang harus diperhatikan saat memilih sepatu lari Anda:
1. Bagian luar sepatu melengkung hanya di area kaki dan bukan di tengah lengkungannya. Pastikan bentuk lengkungannya mendukung bagian telapak yang rata.
2. Pastikan bagian belakang sepatu kaku dan tidak bisa dibengkokan. Ini akan memberikan dukungan pada tulang tumit Anda.
3. Carilah sepatu dengan kedalaman sol yang cukup serta ditunjang ukuran yang melebar pada bagian telapak agar memberikan sedikit ruang bagi telapak kaki rata Anda.

Berikut adalah beberapa model yang telah dinilai oleh para pelari dengan kaki rata. Favorit pribadi saya adalah Brooks Adrenaline GTS 13 karena menghilangkan sakit punggung saya sepenuhnya.

Stability Shoes

  1. Asics Gel Kayano 19
  2. Asics GT - 2000
  3. Brooks Adrenaline GTS 13
  4. Brooks Trance 12
  5. Mizuno Wave Inspire 9
  6. Nike Zoom Structure 16
  7. Nike LunarEclipse 3

Motion Control Shoes

  1. Asics Gel Evolution 6
  2. Asics Gel Foundation 11
  3. Brooks Beast (men) / Ariel (women)
  4. Brooks Addiction 10
  5. Saucony ProGrid Stabil CS2

Jika Anda memiliki referensi merek lain atau sepatu yang Anda sukai, Anda dapat menemukan perbandingannya dengan merek sepatu yang telah kami sebutkan diatas. Ini hanya memberikan sebagian contoh model dan merek serupa untuk para kaki rata.

Lalu Apa Kegunaan Sol?

Untuk memberikan dukungan yang baik untuk kaki yang rata, seseorang membutuhkan dukungan yang memadai baik dari luar sepatu maupun di dalam sepatu. Insole yang didesain pada sepatu lari biasanya tidak memberikan dukungan sama sekali, dan biasanya hanya sepotong berbahan busa yang tipis.

Seharusnya, sol yang bagus akan membantu dan memberi dukungan kuat pada tumit, lengkungan telapak dan mampu menyangga tulang metatarsal. Hal ini memastikan bahwa gaya berjalan sejajar dan tidak menyebabkan tekanan yang tidak semestinya pada bagian tubuh bagian bawah lainnya.

Kami bekerja sama dengan mitra kami untuk membawakan berita, informasi dan laporan terhangat yang berwawasan dan berguna di dunia seputar lari kepada Anda dengan tepat dan akurat.

Lokasi
Indonesia
Jumlah Pos
31
Bergabunglah Dengan Diskusi