Kesehatan

Menjaring Matahari : Part 2

oleh di Dec 5, 2017

Jika Anda mampu melakukannya lebih awal, usaha Anda tentu lebih efektif dan hasilnya bisa maksimal. Jadi, tunggu apalagi? Jangan sia-siakan kulit terawat Anda menjadi santapan siang sang surya. Anda tidak bisa mengembalikan kerusakan akibat sinar matahari, tapi Anda bisa mengurangi dampaknya.

Sedia Payung Sebelum Hujan: Tanggulangi Luka Bakar

Jika Anda mampu melakukannya lebih awal, usaha Anda tentu lebih efektif dan hasilnya bisa maksimal. Jadi, tunggu apalagi? Jangan sia-siakan kulit terawat Anda menjadi santapan siang sang surya. Anda tidak bisa mengembalikan kerusakan akibat sinar matahari, tapi Anda bisa mengurangi dampaknya. Lalu bagaimana jika semuanya sudah terlambat dan Anda sudah ‘terbakar’ sinar matahari?

Berikut ini ada cara mudah untuk membantu Anda.

Minum Air

Matahari menghisap air keluar dari seluruh tubuh Anda, termasuk dari dua pertiga tubuh manusia yang merupakan air. Selain mengakibatkan tubuh Anda mengalami dehidrasi, dengan menghangatkan temperatur di dalam tubuh Anda dan membuat Anda berkeringat lebih banyak, panas matahari membuat kelembaban dalam sel kulit Anda menguap.

Teruslah minum sebanyak mungkin yang Anda mampu ketika “terbakar” matahari, bahkan jika tidak merasa haus sekalipun. Namun jika Anda seharian penuh berada di bawah matahari, pertimbangkan untuk mengonsumsi minuman olahraga, untuk menggantikan elektrolit yang dibutuhkan seluruh tubuh anda.

Bilas Tubuh

Setelah seharian berolahraga khususnya jika dilakukan di pantai, mandilah dengan air dingin. Jangan mandi menggunakan air panas yang malah akan memperburuk pembakaran tahap pertama. Air dingin akan menenangkan kulit Anda, sementara juga membantu membuang klorin atau sisa garam. Pasalnya, ketika klorin membuang minyak alami kulit, garam sebenarnya terikat ke sel, menarik kelembaban, dan membunuhnya.

Bermain Busa

Tidak semua lotion diciptakan sama. Gunakanlah lotion yang menggunakan aloevera -zat yang terkandung dalam aloevera tersebut akan membantu melepaskan panas yang tersisa dan mengurangi cedera akibat panas. Perhatikan juga vitamin C di dalamnya, kandungan tersebut cukup kuat untuk melawan kerusakan DNA. Dan yang perlu diingat adalah bebaskan diri Anda dari lotion yang mengandung alkohol, karena bahan ini sebenarnya bisa membuat kering kulit tubuh Anda.

Telan Pil

Ringankan rasa sakit itu dengan obat anti peradangan yang  bisa mengurangi peradangan kulit dan kerusakan sel yang serius, saran Dennis Gross, M.D., pakar kulit dari Manhattan, AS. Gunakan secepatnya, karena semakin cepat Anda konsumsi, maka semakin cepat pula ia bekerja. Jika Anda memiliki dokter pribadi, cobalah aleve. Ini adalah obat paling efektif dalam melawan peradangan, dan efeknya bisa bertahan cukup lama, ungkap Gross. Ibuprofein dan aspirin adalah pilihan yang baik juga, namun keduanya lebih seperti aspirin (penghilang rasa nyeri) daripada menghilangkan peradangan.

Berangkat dari kecintaan terhadap alam membuat saya mencoba untuk mengawali berlari dengan trail run, karena alam banyak mengajari saya tentang kehidupan yang spektakuler ini. Jika dengan berlari mampu memperbanyak ilmu pengetahuan, lalu mengapa saya harus berdiam diri di depan televisi saja?!

Lokasi
Indonesia
Jumlah Pos
33
Bergabunglah Dengan Diskusi