Lomba

Earth Day Run Challenge 2018: Berlari Untuk Bumi.

oleh di Apr 12, 2018

Bumi menyediakan cukup untuk memenuhi kebutuhan setiap manusia, namun tidak keserakan setiap manusia. —Mahatma Gandhi

Pada tahun 1969, ada tumpahan minyak yang menghancurkan di Santa Barbara, California. Acara ini menuntun Gaylord Nelson, yang kemudian menjadi Senator AS dari Wisconsin, untuk mendorong orang Amerika agar lebih ramah lingkungan. Bersama dengan Pete McCloskey dan Denis Hayes, mereka memilih tanggal 22 April sebagai Hari Bumi dan mempromosikan acara tersebut di seluruh negeri. Hari Bumi pertama yang diadakan pada 22 April 1970 bersamaan dengan jutaan orang Amerika memprotes kerusakan lingkungan.

Hari Bumi adalah peringatan yang selalu diamati oleh orang-orang di seluruh dunia. Ratusan negara telah berjanji untuk menanam lebih banyak pohon dan mengurangi emisi gas karbon untuk menyelamatkan bumi. Namun, jalan menuju lingkungan yang baik masihlah panjang dan sulit. Dan itu tidak mungkin berjalan tanpa partisipasi dari setiap warga negara di bumi.

Karenanya, kami ingin mengundang Anda untuk menjadi bagian dari gerakan global ini, dengan membuat upaya kecil namun menyeluruh untuk mengurangi emisi karbon melalui Earth Day Run Challenge 2018.

Tentang Earth Day Run Challenge?

Earth Day Run Challenge adalah acara satu hari yang menantang Anda untuk berlari sejauh mungkin dan semampunya, dengan meminimalisir emisi karbon dan pada saat bersamaan dengan itu juga dapat melakukan gerakan mengurangi polusi plastik.

Karena tema untuk Hari Bumi 2018 adalah "End Plastic Pollution," kami mendorong kepada para pelari untuk menargetkan Zero Plastic Waste untuk bumi yang lebih hijau. Bagaimana caranya? Bawalah botol Anda sendiri saat berlari daripada membeli minuman kemasan botol plastik, bawalah tas Anda sendiri ketika berbelanja, pilih untuk makan ditempat daripada takeaways, jika tidak terlalu sulit usahakan jangan menggunakan sedotan saat membeli minuman —jika perlu, bawakan gelas atau botol sendiri.

Daripada mengemudi atau menggunakan kendaraan bermotor, lebih baik untuk berlari ke tempat tujuan Anda! Jika tujuan Anda terlalu jauh, gabungkan berlari dengan bersepeda. Menurut kalkulator Carbon Footprint, mobil berbahan bakar bensin menghasilkan rata-rata 0,19 kg karbon untuk setiap 1 km yang dilaluinya. Jadi, jika Anda berlari 10 km, pada dasarnya Anda telah mengurangi CO2 gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global, sebesar 1.9kg!

Daripada menonton TV tanpa tujuan atau bermain game di komputer Anda, lebih baik matikan perangkat elektronik untuk menghemat listrik. Cobalah keluar rumah untuk berjalan-jalan, berlari atau mendaki! Arahkan jarak tempuh dengan tracker atau aplikasi lainnya, lalu tunjukan kepada kami. Anda akan mendapatkan reward  e-sertifikat dan hadiah jika Anda salah satu dari pelari terbaik!

Bagaimana caranya?

Mengikuti Earth Day Run Challenge sangat mudah. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar di Spacebib. Biaya pendaftaran adalah S$ 3,99/orang. Lebih murah dari mengikuti program olahraga lainnya, serta Anda menjadi salah satu bagian dari tindak penyelamatan lingkungan.

Ajaklah keluarga dan teman-teman Anda untuk ambil bagian dalam acara yang seru dan bermanfaat ini. Beri tahu mereka bahwa mereka tidak harus bangun lebih awal jika mereka tidak mau—mereka dapat berlari kapan saja seperti yang mereka inginkan, dengan siapa pun yang mereka inginkan, namun mereka harus berusaha keras jika menginginkan hadiah yang telah disediakan.

Pada hari Minggu, 22 April 2018, dimulai pada pukul 12:00 hingga 23:59, pergunakan aplikasi papapun untuk mendapatkan hasil catatan berlari. Anda diizinkan untuk mengikutinya beberapa kali atau jika mampu, Anda dapat berlari sepanjang hari. Kemudian, unggah hasil lari tersebut (termasuk tanggal, waktu, jarak, durasi, dan peta) ke Spacebib pada 27 April 11:59.

Dalam 10 hari setelah pengiriman, Anda akan menerima e-certificate yang telah diukirkan dengan nama Anda, jarak yang dicakup, dan tingkatan 'Planet Hero' Anda di atasnya.

Apa itu tingkatan Planet Hero? Ini adalah ukuran dedikasi Anda untuk menyelamatkan bumi. Ada 3 level 'Planet Hero dalam tantangan ini:

  • Bronze Planet Hero: Berlari sejauh 10km ke atas, tetapi kurang dari 21km.
  • Silver Planet Hero: Berlari sejauh 21km ke atas, tetapi kurang dari 42km.
  • Gold Planet Hero: Berlari sejauh 42 km ke atas.

Jika Anda mencatat jarak kurang dari 10km, Anda masih akan mendapatkan e-certificate, namun tanpa mendapatkan Planet Hero's Level.

Hadiah

Jika tak ada tantangan, tentunya tak akan ada hadiah pula. Jika Anda menjadi salah satu pelari terbaik dengan jarak tempuh dan waktu terbaik pula, Anda bisa membawa pulang hadiah di bawah ini.

  • 1st - 3rd : Masing-masing mendapatkan 1 buah Sepatu Saucony Liberty ISO seharga $199.
  • 3th - 6th : Masing-masing mendapatkan 1 buah Sepatu Merrell Bare Access Flex Knit seharga $189.
  • 6th - 9th : Masing-masing mendapatkan 1 buah Sepatu Ipanema Flip Flop seharga $29.90.
  • 9th - 12th : Masing-masing mendapatkan 1 buah Sepatu Rider Flip Flop seharga $29.90.

* Tersedia untuk Warna, seri gender, dan ukurannya.

Mengapa berlari sendirian?

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa seseorang melakukan kegiatan olahraga ini sendirian daripada mengikuti lomba massal? Pertama-tama, run individual sebenarnya menghasilkan lebih sedikit limbah (termasuk plastik) dibandingkan dengan acara lari massal. Bayangkan jumlah energi yang dibutuhkan untuk memproduksi bib, timming chip, goodie bag, atau kemasan plastik lainnya dalam racepack.

Earth Day Run Challenge mengklaim acara ini dapat meminimalisir jumlah karbon dan juga mencoba untuk mengakhiri polusi plastik. Maka yang biasanya Anda mendapatkan kemeja, medali, bib, dan lain sebagainya pada event lari pada umumnya, ini akan digantikan oleh e-certificate.

Tidak ada alasan untuk tidak bergabung dengan kami!

Dengan hanya menyisihkan sebesar S$ 3,99 (kurang lebih setara dengan Rp. 40.000), jika Anda mendaftar lebih awal.

Anda dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran Anda, serta dapat menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang Anda cintai melalui lari. Dan Anda juga akan menjadi bagian dari gerakan global sebagai penyelamat bumi tercinta, dan Anda bahkan akan memiliki kesempatan untuk memenangkan salah satu hadiah yang menarik. Nah, apa lagi yang Anda tanyakan?

Hadiah dipersembahkan oleh Royal Sporting House

The Earth Day Run Challenge disponsori oleh Royal Sporting House. Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tahun 1977, Royal Sporting House adalah sebuah retail beragam merek peralatan olahraga yang berpusat di Singapura. Seperti pakaian olahraga, alas kaki dan aksesoris lainnya dari Adidas, Nike, Reebok, Under Armour, Merrell, Speedo, Saucony, dan lainnya. RSH juga menawarkan produk olahraga yang dibutuhkan untuk gaya hidup aktif yang Anda.

Apakah Anda percaya bahwa polusi plastik dapat diakhiri dan perubahan iklim dapat berubah dalam hidup kita?

Pandangan dan pendapat yang diungkapkan dalam artikel ini adalah pendapat penulis dan tidak mewakili orang-orang dari RunSociety.

Berangkat dari kecintaan terhadap alam membuat saya mencoba untuk mengawali berlari dengan trail run, karena alam banyak mengajari saya tentang kehidupan yang spektakuler ini. Jika dengan berlari mampu memperbanyak ilmu pengetahuan, lalu mengapa saya harus berdiam diri di depan televisi saja?!

Lokasi
Indonesia
Jumlah Pos
33
Bergabunglah Dengan Diskusi