Lomba · 8,300 Participants

Lebih Dari 8.300 Pelari Berpartisipasi di Ho Chi Minh City Marathon 2018 Dengan Mimpi Besar

oleh di Jan 23, 2018

Dari tanggal 13 hingga 14 Januari 2018, lebih dari 8.300 pelari berpartisipasi di 6 kategori di HCMC Marathon 2018.

Pelari Berpartisipasi di Ho Chi Minh City Marathon 2018 Dengan Mimpi Besar

Ho Chi Minh City (HCMC) Marathon adalah sebuah lomba lari berskala besar di Vietnam berdasarkan jumlah peserta. Jumlah ini telah meningkat lebih dari 50% sejak edisi pertama. Mulai dari 5.000 peserta di tahun 2013, acara ini dihadiri oleh lebih dari 7.500 peserta di tahun 2017. Tahun ini, rekor tersebut telah dipecahkan dengan jumlah peserta sebanyak 8.300 orang.

Ho Chi Minh City Marathon kini telah disahkan oleh Vietnam Athletics Federation (VAF) dan Culture and Sports Department of Ho Chi Minh City sebagai bagian dari Vietnam National Athletics Championships.

Pelari Berpartisipasi di Ho Chi Minh City Marathon 2018 Dengan Mimpi Besar

Memulai tahun baru dengan berlari di HCMC Marathon

Pengambilan race pack dan lomba Kids Dash diadakan pada tanggal 13 January 2018. Esoknya, pelari di kategori 42km, 21km, 10km dan 5km dilepas mulai dari petang hingga malam, dengan jumlah peserta masing-masing sebanyak 700, 1.500, 1.800 dan 3.900 orang.

Lomba lari ini dihadiri oleh pelari mancanegara yang berasal dari 40 negara. Mayoritas pelari mancanegara berasal dari Singapura, Amerika Serikat, Perancis dan Taiwan. Sekitar 40 persen pelari 42km dan 21km adalah pelari internasional.

Pelari Berpartisipasi di Ho Chi Minh City Marathon 2018 Dengan Mimpi Besar

Bagian yang paling berkesan dari rute HCMC Marathon adalah jembatan Phu My yang termasuk bagian dari rute lari 10km, 21km dan 42km. Jembatan yang mengagumkan ini hanya sanggup menampung jumlah peserta yang terbatas. Dikarenakan permintaan yang tinggi untuk ikut HCMC Marathon, setiap tahunnya ada sekitar 1.000 orang yang berada didalam daftar tunggu.

HCMC Marathon memiliki rencana untuk menambah lintasan lari di Jembatan Phu My di tahun yang akan datang agar dapat menampung lebih banyak atlet dari seluruh dunia.

Pelari Berpartisipasi di Ho Chi Minh City Marathon 2018 Dengan Mimpi Besar

"Bermimpi Besar dengan Kota"

"Dream Big with The City" atau "Bermimpi Besar dengan Kota" terlahir dan terinspirasi bukan hanya oleh para atlet, tetapi oleh semua orang yang terlibat dalam kesuksesan acara lari ini. Melalui kampanye ini, penyelenggara lomba ingin mengundang seluruh penduduk Ho Chi Minh City untuk berpegangan tangan, bermimpi besar dengan kota dan manjadikan HCMC Marathon lomba lari tradisional terbesar di Asia Tenggara.

Selain menyetujui HCMC Marathon sebagai bagian dari Vietnam Athletics Championships, VAF juga berencana untuk mengukur jarak full marathon - 42km bersama dengan International Athletic Association Federation (IAAF/AIMS). Ini berarti, rute lari HCMC Marathon akan segera bersertifikat IAAF/AIMS.

Ho Chi Minh City Marathon memberikan dampak positif kepada masyarakat lokal melalui organisasi amal. Dibawah inisiatif oranye (Orange Initiative), program amal untuk Ho Chi Minh Peace and Development Fund (HPDF), lomba lari ini telah memberikan kontribusi kepada komunitas penyandang cacat dan korban Agen Oranye. Agen Oranye adalah herbisida yang digunakan untuk memusnahkan produksi bahan pangan selama perang Vietnam.

Pelari Berpartisipasi di Ho Chi Minh City Marathon 2018 Dengan Mimpi Besar

Mr. Bady Pham, Managing Director dari Pulse Active, mengatakan,

Kami bangga menyebut acara ini Ho Chi Minh City Marathon dan kami menganggap ini sebagai misi untuk memberikan kontribusi kepada komunitas olahraga yang sehat dan aktif, serta mendorong kepariwisataan dan perkembangan olahraga di negeri kami. Melalui acara ini, kami berharap untuk mempertunjukkan dinamisme dan energi kota ini kepada dunia. Kami juga ingin berterima kasih kepada Departemen Budaya dan Olahraga HCMC bersama dengan Asosiasi Federasi Atletik di HCMC atas pengesahan mereka, dan juga Administrasi Pariwisata Nasional Vietnam atas dukungan mereka.

Ho Chi Minh City Marathon didukung oleh Taiwan Excellence dan diselenggarakan oleh Pulse Active.

Pandangan dan pendapat yang diungkapkan dalam artikel ini adalah pendapat penulis dan tidak mewakili orang-orang dari RunSociety.

Eva adalah seorang penggemar lari yang kecanduan maraton sejak lomba lari pertamanya ditahun 2011. Pada akhir pekan, dia senang berlari, mendaki gunung, dan berkelana. Ketika dia tidak melakukan aktivitas outdoor, kemungkinan besar dia sedang membaca atau menulis.

Lokasi
Indonesia
Jumlah Pos
16
Bergabunglah Dengan Diskusi