Lomba

Persiapkan Lomba di Awal Tahun

oleh di Jan 7, 2018

Jika Anda seseorang yang sering diajak, pilihlah lomba dengan bijak!

Persiapkan Lomba di Awal Tahun

Lomba lari semakin menjamur di negeri ini menandakan antusiasme masyarakat untuk berlari semakin meningkat. Berolahraga bukan hanya untuk latihan fisik tetapi juga menjadi sarana bersosialisasi dan memperluas jaringan pertemanan. Jika Anda bermaksud untuk mencari lomba-lamba mana saja yang perlu atau ingin diikuti, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

Tujuan Berlomba

Sebagai Atlet yang sering berlatih untuk sebuah prestasi, tidak sulit untuk merencanakan dan mengukur hasil yang ingin Anda capai. Namun bagaimana dengan Anda seorang pemula yang ingin merencanakannya? Tujuan lomba setiap individu berbeda-beda. Ada yang ingin memenangkan podium dengan catatan waktu terbaik, namun tidak jarang juga yang sudah puas dengan memiliki hasil waktu yang lebih baik. Dan, bahkan banyak juga yang hanya seru-seruan tidak peduli dengan COT (Cut-off Time) pada sebuah lomba.

Pointnya adalah merencanakan persiapan yang matang pada setiap lomba yang akan Anda ikuti. Dari mulai latihan fisik hingga perencanaan finansial yang akan dikeluarkan. Karena tidak sedikit lomba lari yang bergengsi di Asia, Indonesia khususnya, harus merogoh kocek yang tidak sedikit, dan itu pun belum termasuk biaya akomodasinya. Well, saatnya Anda menentukan tujuan dengan tepat, ya!

Prioritas Lomba

Sebaiknya Anda menentukan lomba mana yang akan Anda ikuti terlebih dahulu, lalu disusul dengan lomba-lomba berikutnya selamat satu tahun kedepan. Kategorikan lomba tersebut sesuai dengan urutan prioritas Anda. Untuk lomba kategori pertama, yang diutamakan ini sebaiknya tidak terlalu sering, yaitu cukup 1 atau 2 lomba dalam setahun. Untuk lebih jelasnya, klasifikasikan seluruh lomba dengan membuat daftar dan memasukannya ke grup kategorinya.

Kategori Pertama

Lomba yang menjadi prioritas dalam setahun. Sebaiknya Anda tidak terlalu banyak untuk mengikuti lomba kategori yang satu ini. Jadikan Kategori Lomba ini menjadi prioritas disbanding lomba lainnya –sehingga kita pun fokus untuk mendapatkan hasil yang terbaik di kategori ini.

Jika kita memilih lomba lebih dari sekali, jangan dilakukan dalam kurun waktu yang terlalu dekat. Kita bisa mengikuti 2 lomba kategori A dalam semester yang berbeda.

Target: jarak dan waktu

Saat menentukan target lomba, bukan hanya jarak yang ditentukan tetapi juga waktu yang ingin dicapai. Untuk pelari amatir yang ingin meningkatkan level berlari ke jarak 42K, bisa menambahkan dengan menentukan waktunya, seperti berlari 42K dengan hasil waktu di bawah 5 jam.

Setiap orang memiliki kemampuan yang tidak bisa disamakan dengan yang lainnya. Tujuan Anda berlatih pun untuk meningkatkan performa serta mengukur waktu yang akan dicapai agar setiap kemajuannya dapat terukur dengan baik.

Jujur dengan Kemampuan

Mengetahui dan menyadari kemampuan diri juga penting, akui jika Anda mampu! Jika memang target tahun depan adalah mengikuti lomba Ultra Bromo Tengger Semeru, pastikan kemampuan Anda sebelumnya pernah melakukan lomba lari Trail yang lebih ringan.

Lomba Kategori B

Lomba kategori B dilakukan sebagai tahapan latihan menuju lomba kategori A. Anda juga bisa menguji hasil latihan di lomba kategori ini sehingga dapat mengukur kemampuan diri untuk masuk ke tahap selanjutnya. Lomba kategori B bisa menjadi pemanasan sebelum masuk ke kategori A, jadi jenis lomba yang diikuti berkontribusi untuk performa di dalam lomba kategori A.

Lomba Kategori C

Tidak semua lomba harus dijalani dengan serius. Ada waktunya kita mengikuti lomba untuk tujuan yang lebih menyenangkan, seperti lari bersama teman atau untuk berekreasi. Bisa juga kita mengikut lomba lari untuk tujuan beramal.

Untuk lomba kategori C boleh mengabaikan hasil waktu, walaupun untuk sebagian orang ada perasaaan sayang untuk merusak waktu yang sudah dicapai. Tambahan lagi untuk menjelaskan lomba kategori C, dalam mengikuti lomba kategori ini tidak harus sama jenisnya dengan lomba kategori A dan B.

Tidak harus mengikuti lomba lari atau triatlon, kamu bisa mengikuti lomba yang lainnya seperti crossfit dan freeletics. Sebaiknya waktu lomba kategori ini tidak berdekatan dengan lomba kategori A.

Mulai tentukan kategori lomba

Silakan buka kalender lomba dan tentukan lomba apa saja yang ingin diikuti dari ketiga kategori di atas. Setelah menentukan prioritas lomba, Anda bisa menyusun latihan yang direncanakan. Kalau memang memiliki pelatih, silakan berikan susunan lomba yang sudah direncanakan agar pelatih dapat membuat menu yang terbaik untuk kamu.

Mengikuti ajang lomba lari ini memang menyenangkan dan banyak yang mengaku ketagihan. Tetapi waktu istirahat jangan dilupakan. Jika kita berlatih terlalu berat karena lomba yang berat dan dilakukan terlalu sering maka akan  terasa letih, baik secara fisik dan mental.

Saat mengikuti lomba kategori A diharapkan tubuh dan mental dalam keadaan yang siap dan bugar, untuk itu bijaklah dalam menentukan jadwal lomba.

Selamat berlomba!

Pandangan dan pendapat yang diungkapkan dalam artikel ini adalah pendapat penulis dan tidak mewakili orang-orang dari RunSociety.

Kami bekerja sama dengan mitra kami untuk membawakan berita, informasi dan laporan terhangat yang berwawasan dan berguna di dunia seputar lari kepada Anda dengan tepat dan akurat.

Lokasi
Indonesia
Jumlah Pos
31
Bergabunglah Dengan Diskusi