Wawancara

Habib Tagafi: Berawal Dari Charity Run Hingga Ke World Major Marathon

oleh di Mar 15, 2018

Pria yang gemar traveling ini mampu membawa kebudayaan pribumi ke kancah dunia dengan berlari.

Penasaran dengan kostum yang kerap ia gunakan dalam lomba lari, akhirnya tim Run Society Indonesia menyambangi sekaligus menyerang dengan beberapa pertanyaan kepada pria yang sehari-harinya bekerja sebagai Human Resources pada perusahaan swasta di Jakarta. Simak hasil wawancara tim kami dengan pria asal kelahiran Cilacap ini.

RS: Kapan Anda mengawali lari?

HT: Saya memulai lari pada Oktober 2013 ketika ada charity run yaitu Jakarta Race, kebetulan lokasi start dekat kantor dan nekat ingin mencobanya sekalian beramal.

Dan dulu setiap weekend, tiap pagi saya tidak ada kegiatan dan dihabiskan untuk tidur tanpa olahraga. Badan gampang lesu dan saat itu saya harus melakukan olahraga rutin karena beberapa kemeja pun akhirnya tidak muat. Nah, saya lihat lari sepertinya mudah dilakukan dan murah. Sebelum lari saya mencoba 2 bulan membership gym, namun sepertinya kurang begitu cocok karena tidak ada sparing partner saat itu.

RS: Apa tujuan Anda berlari?

HT: Tujuan awalnya untuk mengisi waktu luang dengan berolahraga agar tubuh tidak gampang sakit dan juga perut kembali kecil. Namun, sekarang berlari adalah cara saya menyalurkan ekspresi, pelampiasan emosi dan terapi.

RS: Siapa inspirasi Anda? Alasannya?

HT: Inspirasi saya adalah Melanie Putria. Walaupun beliau memulai lari dari 0 (nol) tapi berkat konsiten dan disiplin latihan, beliau bisa mencapai waktu FM (Full Marathon) yang luar biasa. Cita-cita saya simple, beat her time! Hehe..

RS: Road or Trail? Alasannya?

HT: Road! Karena lebih simple perlengkapannya dan tidak harus pergi mencari medan untuk berlari, dan pastinya relatif lebih murah.

RS: Prestasi terbaik Anda?

HT: Prestasi terbaik saya adalah podium di event lari Jakarta Wine and Cheese Run 2017. Walaupun bukan podium karena yang tercepat larinya, melainkan mendapat predikat sebagai kategori Best Costume. Ini terjadi kembali pada marathon di Budapest, Hongaria.

Dok. Pribadi

RS: Pengalaman tak terlupakan saat lomba lari?

HT: Ketika mengikuti FM di Budapest Marathon 2017, saya menggunakan kostum Bali yang dimodifikasi. Karena menggunakan kostum, banyak orang-orang berfoto bersama saya. Dan sepanjang saya berlari tak henti-hentinya orang menyemangati dan sesekali ada pelari yg menghampiri dan bilang "your costume is amazing, cool, Indonesia?.

RS: Lomba dan medali yang berkesan?

HT: Total ada 51 medali, medali paling berkesan adalah medali Tokyo Marathon 2018, diraihnya penuh perjuangan serta menjadi medali World Major Marathon pertama saya.

RS: Apa yang Anda harapkan dari Gold Label Marathon?

HT: Dari lomba-lomba gold label marathon, profesionalitas sangat dijaga dan harapannya dapat menikmati standar tersebut di event lari yang diadakan di Indonesia.

Dok. Pribadi

RS: Yang mengalahkan keinginan Anda untuk berlari?

HT: Sakit! Kalau sudah sakit, hawanya mau lari saja tidak kuat.

RS: Rencana mengikuti lomba lari apalagi dan apa misinya?

HT: Dalam waktu dekat saya akan ikut race Standard Chartered Kuala Lumpur Marathon 2018 awal April mendatang, dengan misi untuk meraih Personal Best Half Marathon. Kedepannya jika ada rejeki dan kesempatan lebih, saya ingin mencoba semua World Major Marathon Series.

RS: Harapan tentang lari di Indonesia?

HT: Harapannya dengan banyaknya edukasi dalam berlari dan banyaknya event lari di Indonesia, memunculkan bibit-bibit baru yang dapat berprestasi di level Asia bahkan Dunia.

RS: Ekspresikan "Lari" dalam 3 kata!

HT: Love Hate Relationship!

Dok. Pribadi

Jika Anda memiliki cerita unik dan seru yang inspiratif bagi runners lainnya, mengapa tidak layangkan surat melalui e-mail redaksi kami?

Berangkat dari kecintaan terhadap alam membuat saya mencoba untuk mengawali berlari dengan trail run, karena alam banyak mengajari saya tentang kehidupan yang spektakuler ini. Jika dengan berlari mampu memperbanyak ilmu pengetahuan, lalu mengapa saya harus berdiam diri di depan televisi saja?!

Lokasi
Indonesia
Jumlah Pos
33
Bergabunglah Dengan Diskusi